Blog Studi Jepang Unair

4/18/2010

 Tentang Program Studi 

Sastra Jepang Universitas Airlangga, adalah salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Budaya yang mengkaji tentang ke-Jepangan. Pada awal berdiri, sebenarnya Sastra Jepang Unair mendaftarkan diri sebagai Studi Jepang Unair, namun pemerintah memberi nama Sastra Jepang Unair.

Mengapa mendaftarkan diri sebagai Studi Jepang Unair?
Karena di dalamnya tidak hanya mempelajari tentang ke-Jepangan dari segi sastra atau linguistik saja, namun juga mengkaji tentang sejarah dan budayanya.

Karena itulah, walaupun kepada masyarakat luar nama kita dikenal sebagai Sastra Jepang Unair, namun sebenarnya di dalamnya kita adalah Studi Jepang Unair yang mengkaji tentang ke-Jepangan. Di sini, kita lebih menfokuskan pada Kajian tentang Kebudayaan Perkotaan.

Kebijakan prodi diarahkan pada peningkatan kualitas yang didasari oleh kebutuhan nasional dan regional dimana universitas berada, bahkan untuk menghadapi pasar global. Pengembangan ini searah dengan visi dan misi Badan Hukum Milik Negara - Universitas Airlangga.
Berikut adalah Visi dan Misi Studi Jepang Unair :


Visi

Visi dari Studi Jepang Unair adalah menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Bahasa dan Budaya Jepang, khususnya budaya-Jepang perkotaan berdasarkan nilai-nilai humaniora dan moral keagamaan.

Misi

Studi Jepang memiliki misi sebagai berikut:

1.Menyelenggarakan pendidikan akademik sarjana humaniora di bidang ilmu bahasa dan budaya Jepang dengan berbasis teknologi pembelajaran modern.
2.Mengembangkan kajian-kajian interdisipliner yang menunjang penelitian di bidang ilmu bahasa dan budaya Jepang.
3.Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu bahasa dan budaya Jepang kepada masyarakat.
4.Mengupayakan kemandirian dalam penerapan ilmu bahasa dan kajian budaya Jepang.


Sejarah Singkat

Blog Studi Jepang Unair ini resmi dibuka pada 1 April 2010. Sebenarnya sebelumnya sudah ada blog yang didedikasikan untuk Studi Jepang Unair, namun kini dibuatlah blog yang lebih rapi, lebih update disertai adanya kepengurusan yang memang disediakan untuk blog ini.

Mengapa Studi Jepang Unair memerlukan blog?

Sebagai jurusan termuda di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, Studi Jepang Unair merasa perlu memperkenalkan diri kepada masyarakat luas khusus nya kepada seluruh Indonesia. Tidak hanya kepada masyarakat sekitar fakultas, universitas atau hanya di Surabaya saja.

Karena keinginan seperti itu dihati mahasiswa dan juga terispirasi dari blog-blog yang pernah didedikasikan untuk Studi Jepang Unair, maka dibuatlah blog ini oleh para Mahasiswa Studi Jepang Unair. Tujuan dan fungsinya adalah memberitakan kegiatan serta hal-hal yang berkaitan dan ada di Studi Jepang Universitas Airlangga kepada masyarakat luas.

Karena itu, blog tidak memuat hasil kreatifitas mahasiswa secara individual yang tidak berkaitan dengan jurusan, karena fungsinya memang hanya mengabarkan atau memberitakan apa yang terjadi dan apa yang ada di Jurusan Studi Jepang Unair. Isi dari blog ini adalah Sekilas tentang Studi Jepang Unair, event-event yang kami adakan atau kami ikuti, kegiatan club dalam sebuah acara dsb.

Dengan dibuatnya blog ini diharapkan masyarakat luas dapat mengenal dan mengetahui eksistensi Studi Jepang Unair yang populernya disebut Sastra Jepang Unair. Semoga blog ini mampu menginformasikan sebaik mungkin tentang apa saja yang berkaitan dengan Studi Jepang Unair.


Hubungi kami di

You Might Also Like

0 komentar